Pages

Rabu, 14 Mei 2014

TUGAS 6 PEREKONOMIAN INDONESIA

1. Pengertian:
  • Hedging adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang investor untuk mengurangi atau menghilangkan suatu sumber resiko. Dengan hedging kita bisa mengurangi resiko valas kita.
  • Revaluasi adalah kebijaksanaan yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk meningkatkan nilai mata uang di dalam negeri terÕhadap mata uang asing
  • Devaluasi adalah menurunnya nilai mata uang dalam negeri terhadap mata uang luar negeri. Jika hal tersebut terjadi, biasanya pemerintah melakukan intervensi agar nilai mata uang dalam negeri tetap stabil. Istilah devaluasi lebih sering dikaitkan dengan menurunnya nilai uang satu negara terhadap nilai mata uang asing. Devaluasi juga merujuk kepada kebijakan pemerintah.
  • Embargo adalah pelarangan perniagaan dan perdagangan dengan sebuah negara. Embargo umumnya dideklarasikan oleh sekelompok negara terhadap negara lain untuk mengisolasikannya dan menyebabkan pemerintah negara tersebut dalam keadaan internal yang sulit. Keadaan yang sulit ini dapat terjadi akibat pengaruh dari embargo yang menyebabkan ekonomi negara yang dilawan tersebut menderita karenanya.
  • Kuota import adalah satu jenis halangan perdagangan bersifat melindungi yang menetapkan had fizikal pada jumlah barang yang boleh diimport ke satu negara dalam jangka waktu tertentu. Kuota, seperti sekatan perdagangan lain, digunakan untuk menguntungkan pengilang barangan dalam ekonomi domestik dengan mengorbankan faedah yang boleh diperolehi oleh pengguna barangan dalam negara tersebut.
  • Kuota ekspor adalah pembatasan jumlah barang yang diekspor,agar  negara pengekspor dapat memperoleh harga yang lebih tinggi.
  • National Income/Pendapatan Nasional adalah pendapatan yang diterima oleh suatu negara selama satu tahun yang diukur dengan nilai uang.
  • Neraca perdagangan atau neraca ekspor-impor adalah perbedaan antara nilai ekspor dan impor suatu negara pada periode tertentu, diukur menggunakan mata uang yang berlaku. Neraca positif artinya terjadi surplus perdagangan jika nilai ekspor lebih tinggi dari impor, dan sebaliknya untuk neraca negatif. Neraca pedagangan seringkali dibagi berdasarkan sektor barang dan sektor jasa.


2. Apa yang dimaksud dengan "Laju pertumbuhan penduduk > Laju pertumbuhan ekonomi" ?

Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki berbagai jenis masalah yang dihadapi, salah satunya adalah dibidang kependudukan yaitu masih tingginya pertumbuhan penduduk. Akibat pertumbuhan yang semakin membludak munculah masalah baru yang berdampak pada perekonomian. Untuk mengatasinya pemerintah mencanangkan program Keluarga Berencana (KB). Seharusnya banyaknya penduduk ini dapat di kelola dengan baik dan optimal menjadi faktor produksi dan meningkatkan PDB, namun kenyataan berkata lain, banyak nya angka Pertumbuhan penduduk tidak seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Apabila pertumbuhan penduduk terus bertambah, sementara laju pertumbuhan ekonomi berjalan lamban, maka negara tersebut akan semakin bertambah miskin dan akan mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat. Untuk itu diperlukan upaya dan langkah yang konkret.

3. Apa yang dimaksud dengan:
  • Kemiskinan absolut adalah keadaan dimana seseorang memiliki pendapatan dibawah rata-rata garis kemiskinan, dan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup minimum (Pangan, Sandang, dan Papan).Contoh : Sesorang yang berjualan namun hasil penjualannya hari itu hanya sedikit terjual, mendapat keuntungan sedikit, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan dalam satu hari tersebut.
  • Kemiskinan relatif adalah keadaan sesorang yang sebenarnya telah hidup di atas rata-rata garis kemiskinan namun masih dibawah kemampuan masyarakat sekitarnya. Contoh : seseorang yang tinggal di perumahan menengah ke atas, melihat tetangga nya memiliki mobil sedangkan dirinya tidak memiliki mobil sehingga dia beranggapan bahwa dia masih miskin.


Sumber :
- http://id.wikipedia.org/wiki/Embargo
- http://jurnal-sdm.blogspot.com/2010/01/pertumbuhan-ekonomi-definisi-sumber.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Pertumbuhan_ekonomi
- http://andippkd.blogspot.com/2012/05/kemiskinan-absolute-dan-kemiskinan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About